PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY PADA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TUNA LARAS

Penulis

  • Maharso Adhi Nugroho Politeknik Kesehatan Surakarta Penulis
  • Eny Purwandari Universitas Muhammadiyah Surakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.35270/fztk6484

Kata Kunci:

Cognitive Behavioral Therapy, Tuna Laras, Motivasi Belajar

Abstrak

Latar Belakang; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Cognitive Behavioral Therapy terhadap peningkatan motivasi belajar anak tuna laras SLB E Bhina Putera Banjarsari Surakarta.  

Metode; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental  yang akan mengungkap bagaimana pengaruh intervensi okupasi terapi menggunakan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy  (CBT) pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.  

Hasil; Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar anak tuna laras baik dalam skor maupun kategori menurut angket motivasi ARCS setelah pemberian intervensi CBT. Rata-rata sebelum pemberian intervensi adalah 2.78 atau dalam kategori motivasi “cukup  baik” dan setelah pemberian intervensi menjadi 3.69 atau dalam kategori “baik”.

Kesimpulan; Berdasarkan analisa data penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh Cognitive Behavioral Therapy pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-18