PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY PADA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TUNA LARAS
DOI:
https://doi.org/10.35270/fztk6484Keywords:
Cognitive Behavioral Therapy, Tuna Laras, Motivasi BelajarAbstract
Latar Belakang; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Cognitive Behavioral Therapy terhadap peningkatan motivasi belajar anak tuna laras SLB E Bhina Putera Banjarsari Surakarta.
Metode; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental yang akan mengungkap bagaimana pengaruh intervensi okupasi terapi menggunakan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.
Hasil; Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar anak tuna laras baik dalam skor maupun kategori menurut angket motivasi ARCS setelah pemberian intervensi CBT. Rata-rata sebelum pemberian intervensi adalah 2.78 atau dalam kategori motivasi “cukup baik” dan setelah pemberian intervensi menjadi 3.69 atau dalam kategori “baik”.
Kesimpulan; Berdasarkan analisa data penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh Cognitive Behavioral Therapy pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.
