EFEKTIFITAS PEMBERIAN EDUKASI TENTANG ETIKA PERGAULAN REMAJA DENGAN PENERAPAN ETIKA PERGAULAN REMAJA DI SMA

Authors

  • Florentina Kusyanti Univeritas An Nuur Author

DOI:

https://doi.org/10.35270/t2bpex85

Keywords:

Edukasi, Etika Pergaulan, Penerapan

Abstract

Latar Belakang : Etika pergaulan sangat penting bagi remaja lebih-lebih remaja setingkat  SMA karena remaja SMA itu remaja yang belum bisa dilepas begitu saja tetapi masih memerlukan pendampingan baik dari orang tua maupun pendampingan dari orang lain. Pergaulan yang dilakukan orang remaja harus memiliki etika karena seorang yang tidak 
memiliki etika maka akan merusak hubungan dengan orang lain,lebih-lebih anak remaja SMA sangat perlu penerepan etika pergaulan baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat umum,karena anak SMA sebagai seorang yang berpendidikan sehingga harus memberikan contoh yang baik dalam pergaulan,selain itu menjaga jangan sampai remaja terjerumus dalam pergaulan bebas.Untuk menjaga remaja ini memiliki etika pergaulan yang  baik maka sangat diperlukan diberikan edukasi dan pengawasan secara berkala atau terus 
menerus. 
Tujuan : untuk mengetahui efektifitas pemberian edukasi tentang etika pergaulan terhadap penerapan etika pergaulan disekolah dan dimasyarakat umum. 
Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi yang penelitiannya dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sapuran kelas XII wilayah Dinas pendidikan kabupaten Wonosobo jawa tengah, dimana pengambilan data dilaksanakan pada tanggal November 2018 – januari 2019. Jumlah Sampel sejumlah 154 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner. responden,Tehnik pengambilan data dengan total sampling Pengolahan dengan Distribusi frekuensi, Costab. 
Hasil: untuk hasil penelitian karakteristik umur paling banyak umur 17 tahun sebesar 50,6%,Pendidikan orang adalah sekolah dasar sebesat 66,2%,Pekerjaan orang adalah wiraswasta sebesar 31,2%,Selain untuk hasil pengetahuan tentang etika pergaulan hasil baik sebesar 96,1%,sedangkan untuk penerapan dengan kategori baik sebasar 89,6%,Maka klo dilihat hasil hubungan antara pengetahuan dengan penerapan etika pergaulan nilai pearson chi square test di atas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi p-value sebesar 0.137 dan nilai chi
square sebesar 3,975 Karena tabel silang (cross tabulation) 2x2 dan 0% cell expected (< 5), maka menggunakan nilai continuity correction. Pada nilai continuity correction sebesar 2,715 dan signifikansi p-value 0.257 (>0.05) maka hipotesis null (H0) diterima yang berarti bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara edukasi etika pergaulan dengan penerapan etika pergaulan. 
Kesimpulan: Sangat efektif pemberian edukasi etika pergaulan terhadap penerapan etika pergaulan di SMA. 

Published

2025-09-26