PEER DAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANCEMAHASISWA SAAT PRAKTIK LAPANGAN PROGRAM D III KEPERAWATAN
DOI:
https://doi.org/10.35270/hk1vay17Keywords:
Performance Mahasiswa, Peer Assesment, Authentic AssesmentAbstract
Latar belakang: Penerapan metode assesment tidak banyak mendapatkan perhatian. Proses assesment dilakukan tanpa melibatkan mahasiswa akibatnya mahasiswa tidak interest terhadap proses pembelajaran dengan metode assesment yang ada sehingga mahasiswa yang aktif saja yang mau mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan performance mahasiswa saat praktik lapangan pada kelompok saat peer assessment dan kelompok saat authentic assesment
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non experiment dengan rancangan penelitian deskriptive komparatif. Subyek penelitian mahasiswa STIKES An Nur semester VI D III perawat dengan total sampling, jumlah responden 60 mahasiswa. Normalitas data dengan kolmogorov-smirnov test dengan hasil <0,001. Analisis data menggunakan
wilcoxon test.
Hasil: Hasil penelitian terdapat perbedaan performance mahasiswa pada saat peer assesment dengan saat authentic assessment dengan hasil <0,001. Terdapat perbedaan performance mahasiswa yang signifikan antara peer assessment dan authentic assessment dengan hasil <0,001. Peer assesment dilakukan antar mahasiswa sehingga memungkinkan mahasiswa untuk
terlibat secara langsung dalam penilaian, mahasiswa menjadi aktiv, percaya diri dan termotivasi dalam belajar.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan performance pada mahasiswa D III Keperawatan STIKES An Nur Purwodadi saat praktik klinik lapangan
